cara mengatasi laptop disk read error occurred : Berotak

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan error yang satu ini, karena banyak pengguna yang mengalaminya. Error “disk read error occurred” ini biasanya muncul di laptop saat kamu hendak mengakses suatu drive atau partisi. Error ini menyebabkan kamu tidak bisa mengakses drive atau partisi tersebut. Sebenarnya, error ini tidak terlalu sulit untuk diatasi jika kamu mengetahui caranya. Berikut ini adalah cara mengatasi laptop disk read error occurred yang bisa kamu lakukan.

1. Cek Partisi dan Drive yang Error

Pertama, kamu harus mengetahui drive atau partisi yang mengalami error. Caranya dengan membuka Windows Explorer. Di sana, kamu akan bisa melihat list drive dan partisi yang ada di laptop kamu. Jika ada drive atau partisi yang mengalami error, maka akan ditandai dengan tanda segitiga warna merah. Jika tidak ada tanda tersebut, berarti yang error bukan drive atau partisi tersebut.

2. Cek Harddisk

Setelah mengetahui drive atau partisi yang mengalami error, kamu bisa melanjutkan dengan mengecek harddisk. Caranya adalah dengan masuk ke BIOS laptop kamu. Laptop yang saat ini beredar umumnya memiliki cara yang sama untuk masuk BIOS. Yaitu dengan menekan tombol F2 atau F10 saat laptop baru dinyalakan. Di BIOS, kamu bisa mengecek apakah harddisk yang terhubung dengan laptop kamu masih dalam keadaan baik dan stabil.

3. Memperbaiki Partisi dan Format Harddisk

Jika kamu sudah yakin bahwa harddisk dalam kondisi baik, kamu bisa langsung memperbaiki partisi yang error. Cara memperbaikinya adalah dengan menggunakan software yang disebut Diskpart. Software ini bisa kamu dapatkan gratis di internet. Setelah memperbaiki partisi, kamu juga bisa melakukan format terhadap harddisk. Format yang bisa kamu lakukan antara lain NTFS, FAT32, dan exFAT. Pilih format sesuai kebutuhan kamu.

4. Install Ulang Sistem Operasi

Jika cara di atas sudah kamu lakukan, namun error masih tetap muncul, maka kamu bisa mencoba menginstal ulang sistem operasi. Instalasi ini bisa dilakukan dengan menggunakan DVD instalasi atau flashdisk bootable. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan media virtual seperti VMWare atau VirtualBox. Cara menginstal ulang sistem operasi ini bisa kamu pelajari di internet.

5. Ganti Harddisk

Jika cara di atas sudah kamu lakukan, namun error masih tetap muncul, maka kamu bisa mencoba mengganti harddisk yang terpasang di laptop kamu. Cara ini bisa kamu lakukan sendiri atau kamu juga bisa membawa laptop kamu ke tukang servis untuk meminta bantuannya. Pilih harddisk yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu memilih harddisk yang berbeda dengan yang sebelumnya, maka kamu harus melakukan instalasi ulang sistem operasi.

6. Periksa Komponen Lainnya

Selain mengecek harddisk, kamu juga harus memeriksa komponen lainnya yang ada di laptop kamu. Terutama komponen yang berhubungan dengan harddisk. Sebagai contoh, kamu harus memeriksa kabel IDE atau SATA apakah masih dalam kondisi baik. Jika kabel tersebut sudah rusak, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru. Kamu juga harus memeriksa apakah konektor di motherboard masih aman atau tidak.

7. Periksa RAM dan VGA

Selain memeriksa komponen-komponen yang berhubungan dengan harddisk, kamu juga harus memeriksa RAM dan VGA laptop kamu. Hal ini karena RAM dan VGA juga bisa menyebabkan error disk read. Kamu bisa memeriksa RAM dengan cara menghapus satu slot RAM secara bergantian saat laptop dinyalakan. Jika error disk read error tidak muncul lagi, berarti RAM yang dilepas tersebut yang menyebabkan error. Sama halnya dengan VGA, kamu bisa mencoba mengganti dengan VGA yang baru untuk memastikan.

8. Periksa Sistem Operasi

Kamu juga harus memeriksa sistem operasi yang digunakan di laptop kamu. Hal ini karena sistem operasi juga bisa menyebabkan error disk read. Kamu bisa memeriksa sistem operasi dengan cara mencoba menjalankan program yang berhubungan dengan sistem operasi. Misalnya program Disk Defragmenter, Disk Cleanup, atau System Restore. Jika program tersebut tidak bisa dijalankan, berarti sistem operasi yang digunakan sudah mengalami korupsi. Kamu harus menginstal ulang sistem operasi untuk mengatasinya.

9. Periksa Komponen Motherboard

Selain memeriksa komponen-komponen yang berhubungan dengan harddisk, kamu juga harus memeriksa komponen motherboard. Hal ini karena komponen motherboard juga bisa menyebabkan error disk read. Cara memeriksa komponen motherboard adalah dengan mencoba mengganti satu komponen motherboard dengan yang baru. Misalnya chipset, Northbridge, Southbridge, atau IC lainnya. Jika error disk read error tidak muncul lagi, berarti komponen yang dilepas tersebut yang menyebabkan error.

10. Ganti Motherboard

Jika cara di atas sudah kamu lakukan, namun error masih tetap muncul, maka kamu bisa mencoba mengganti motherboard yang ada di laptop kamu. Cara ini bisa kamu lakukan sendiri atau kamu juga bisa membawa laptop kamu ke tukang servis untuk meminta bantuannya. Pilih motherboard yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu memilih motherboard yang berbeda dengan yang sebelumnya, maka kamu harus melakukan instalasi ulang sistem operasi.

Itulah cara mengatasi laptop disk read error occurred. Walaupun error ini cukup membuat kamu kerepotan, namun kamu bisa mengatasinya dengan cara-cara yang telah dicontohkan di atas. Selamat mencoba!

Sumber :