Kategoti: Berita Featured

Penuhi Unsur, Bawaslu Segera Plenokan Dugaan Politik Uang Caleg PDIP

Share

Bawaslu Kota Probolinggo meregister kasus dugaan politik uang yang dilaporkan Sutanto. Artinya, kasus yang melibatkan seorang ASN itu, akan diplenokan.

Ketua Bawaslu Kota Probolinggo Azzam Fikri, mengatakan, kasus yang dilaporkan Sutanto, caleg Dapil 2 Kecamatan Kademangan – Kedopok tersebut, sudah diregister.

“Pelapor sudah melengkapi bukti materielnya, seperti saksi yang tahu saat dugaan bagi-bagi uang berlangsung. Saksi sudah kami mintai keterangan. Tidak ada alasan untuk menghentikan kasus ini,” ujarnya, Selasa (16/4/2019).

Hanya saja, Azzam belum menyebut kapan rapat pleno terkait kasus yang menyeret nama Mochamad Babun, caleg dari PDIP tersebut, dilaksanakan.

“Terkait hasilnya kami serahkan sepenuhnya dalam sidang itu. Apakah dihentikan karena tidak terbukti atau kasus tersebut dikirim ke Bawaslu Jawa Timur untuk ditindaklanjuti,” tuturnya lebih lanjut.

Pria berkacamata mata itu, juga menolak mengomentari apakah laporan money politik tersebut, mempengaruhi hasil pencoblosan suami terlapor.

“Kita belum tahu seperti apa. Kita tidak mau berasumsi dan berandai-andai. Yang kami komentari, apa yang sudah kami lakukan,” kata Azzam.

Bawaslu, menurutnya, melanjutkan kasus itu ke tahapan selanjutnya meski warga tidak berkewajiban menangkap langsung pelaku money politik. Dalam aturannya, warga diminta menghubungi pengawas pemilu (Panwaslu) terdekat (Kelurahan) atau pengawas Kecamatan serta Bawaslu, jika melihat warga yang bagi-bagi uang.

“Soal itu, ranah kepolisian. Kasus ini tetap kami proses,” tandas Azzam.

Sebagimana diwartakan sebelumnya, Sutanto mengamankan Nurul, salah satu ASN Pemkot Probolinggo. Sebab diduga Nurul akan melakukan bagi-bagi uang kepada warga Perumahan Prasaja Muya, Kelurahan/Kecamatan Kedopok untuk memilih Mochamad Babun, caleg dari PDIP. Saat itu, Nurul membawa uang sebanyak Rp 1,9 juta yang sudah ada di dalam tas.

sumber: wartabromo.com

Terkini

  • Berita
  • Featured

Modar! Daerah yang Dibilang Saksi Penuh Kecurangan, Justru 02 yang Menang

Viral unggahan video dari netizen yang menunjukan kebodohan saksi dari Prabowo-Sandiaga Uno. Dalam video tersebut tampak Saksi yang dihadirkan tim Prabowo Subianto-Sandiaga…

8 jam lalu
  • Featured
  • Opini

Viral! @Aniesbaswedan di Ujung Tanduk

Pemprov DKI Jakarta membantah keluarnya IMB harus menunggu Dua Raperda yaitu, Raperda tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara…

9 jam lalu
  • Berita
  • Featured

Mantap! Hakim Enny Nurbaningsih ‘Bantai’ Keterangan Palsu Saksi BPN

Seorang netizen menulis cuitan yang berisi pujian untuk Anggota hakim konstitusi Enny Nurbaningsih yang meminta tim hukum pasangan capres nomor…

11 jam lalu
  • Berita
  • Featured

Soal IMB Reklamasi, Ahok Samakan @AniesBaswedan dengan Terpidana Suap Sanusi yang Tolak Kontribusi 15 Persen

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mempertanyakan langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menerbitkan izin mendirikan…

11 jam lalu
  • Berita
  • Featured

Ahok Bongkar Kebohongan Anies, Pergub 206 tahun 2016 Tak Bisa Terbitkan IMB Pulau Reklamasi

Viral di sosial media facebook artikel berjudul "Ahok Komentari Keputusan Anies Terbitkan IMB Pulau Reklamasi" yang tayang di situs Kompas.com.…

13 jam lalu
  • Berita
  • Featured

Viral Flashmob Tari di Yogyakarta, Netizen: Harus Dipelihara, Bukan Ikut-ikutan Budaya Kearab-araban

Seorang netizen mengunggah sebuah video beberapa anak muda Yogyakarta yang kompak menarikan tarian tradisional di salah satu jalan Kota Pelajar…

13 jam lalu