Kategoti: Berita Featured

Jelang Pencoblosan, Caleg Gerindra dari Magetan Dicoret dari DCT

Share

Jelang pencoblosan Pemilu 2019 besok, nama Joko Sudarmawan caleg DPR RI dari Partai Gerindra dipastikan dicoret dari DCT.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Magetan Jawa Timur Abdul Azis mengatakan, dalam putusan sidang ajudikasi administrasi, Bawaslu RI telah memutuskan mencoret Joko Sudarmawan karena melanggar aturan Pemilu.

“Putusan sidang dari ajudikasi administrasi Bawaslu RI itu sudah memutuskan untuk memerintahkan kepada KPU mencoret atas nama Bapak Joko Sudarmawan dari daftar caleg tetap DCT. Dan itu Insya Allah sudah dilakukan oleh KPU RI,” ujar Abdul, saat ditemui di Kantor Bawaslu Kabupaten Magetan, Selasa (16/4/2019).

Dengan dicoretnya nama Joko Sudarmawan dari DCT, dipastikan caleg DPR RI dari Partai Gerindra tersebut tidak dapat mengikuti Pemilu Legislatif 2019.

Meski demikian, jika yang bersangkutan memperoleh suara dalam Pemilu 2019, maka suara dari Joko Sudarmawan akan dihitung sebagai suara sah partai.

“Seumpama nanti itu caleg dapat suara banyak, dia tidak bisa duduk di kursi tersebut, maka dialihkan kepada caleg yang lain, masuk ke partai,” imbuhnya.

Bawaslu Kabupaten Magetan saat ini juga masih melakukan penelusuran terkait dugaan adanya pelanggaran tindak pidana pemalsuan data yang dilakukan oleh Joko Sudarmawan, saat mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dari Partai Gerindra.

“Akan kita sampaikan kepada Satreskrim Polres Magetan terkait tidak memberikan informasi yang benar. Terpenuhi tidak unsur pidana umumnya,” ucap Azis.

Kasus pelanggaran Undang-Undang Pemilu caleg DPR RI dari Partai Gerindra Joko Sudarmawan yang enggan mengundurkan diri sebgai kepala desa merupakan kasus temuan Bawaslu Provinsi Jawa Timur.

Joko Sudarmawan sendiri memilih mangkir saat dipanggil Bawaslu Kabupaten Magetan untuk dimintai keterangan.

Upaya Kompas.com melakukan klarifikasi ke Kantor Desa Klagen juga tidak membuahkan hasil. Titik istri Joko Sudarmawan mengatakan, jika suaminya sedang ke luar kota.

“Bapak itu sebetulnya sudah tidak mau. Tahun ini sudah pensiun,” kata dia.

Sementara, sejumlah perangkat Desa Klagen juga mengaku tidak mengetahui keberadaan kepal desanya.

Mereka mengakui jika Joko Sudarmawan memang jarang masuk kantor. Sayangnya, seluruh perangat Desa Klagen mengaku tidak tahu nomor HP lurahnya.

Joko dipastikan melanggar aturan Pemilu karena masih aktif sebagai Kepala Desa Klagen. Nama Joko juga sudah tercetak pada kartu suara Pemilu 2019.

sumber: Kompas

Terkini

  • Berita
  • Featured

Viral! Butuh Dana untuk Operasi, Netizen Doakan Trinity dan Alvaro Korban Bom Gereja Samarinda 2016

Seorang netizen menulis cuitan mengingatkan masyarakat pada korban serangan bom di Gereja Oikumene, Samarinda, Minggu (13/11/2016) pagi. Saat itu korban…

15 jam lalu
  • Berita
  • Featured

Ngakak! Tim Prabowo Gunakan Link Berita dari Media Abal-abal

Kuasa Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Denny Indrayana bersikukuh tautan berita media massa online yang digunakan kubunya untuk mempermasalahkan kemenangan Jokowi- Ma'ruf Amin sah dan bisa menjadi bukti…

15 jam lalu
  • Berita
  • Featured

Viral! Apa Kabar Kontribusi Tambahan Reklamasi 15 Persen

Viral di twitter kultwit dari akun @PartaiSocmed yang menguliti kontribusi tambahan 15 terkait reklamasi Teluk Jakarta. Begini isinya: "Sekarang sedang…

15 jam lalu
  • Berita
  • Featured

Keberpihakan Anies, Bongkar Bangunan Rakyat Miskin, Proyek Reklamasi Sudah Disegel Malah Dikasih IMB

Seorang netizen membagikan ke twitter sebuah artikel berjudul "Jumlah Bangunan Tanpa IMB Dibongkar di Jakarta Barat Lebih 500 Bangunan Tiap…

17 jam lalu
  • Berita
  • Featured

Artikelnya Dicatut Kubu Prabowo, Prof Australia: Saya Tak Bilang Jokowi Otoriter

Seorang netizen menulis cuitan mengomentari artikel berjudul "Prof Australia Protes Keras Dikutip Prabowo: Saya Tak Bilang Jokowi Otoriter " yang…

17 jam lalu
  • Berita
  • Featured

Berubah jadi kampret, Mantan Penasihat KPK Jadi Korlap Demo di Depan MK

Seorang netizen membagikan sebuah artikel berjudul "Mantan Penasihat KPK Jadi Korlap Demo di Depan MK" yang tayang di situs Kumparan.com,…

19 jam lalu