Kategoti: Artikel Featured

Viral! Wajah Gembong Teroris ISIS Aman Abdurrahman Mirip dengan Ratna Sarumpaet, Netizen: Kok Sama Ya?

Share

Mungkin kita sering mendengar pernyataan yang menyebut bahwa ada tujuh orang yang memiliki kemiripan wajah dengan kita. Antara fakta dan mitos. Ada orang yang menganggap bahwa hal itu hanya mitos belaka, yang kebenarannya sangat sulit dibuktikan. Sebaliknya, ada pula yang menilai bahwa pernyataan tersebut adalah fakta.

Semuanya kembali ke pirbadi kita masing-masing. Menggapnya hanya sekedar mitos yang kebenarannya tidak lebih dari sebuah cerita dongeng yang hanya direka-reka sedemikian rupa, boleh. Namun, tidak bisa pula melarang jika ada yang justru menganggapnya sebagai sebuah kebenaran.

Saya sendiri mempercayainya. Saya tidak menganggapnya sebagai sebuah fiksi. Sebab saya sendiri sudah pernah mengalami kejadian itu. Tidak hanya sekali, beberapa kali saya telah mengalaminya: bertemu seseorang yang memiliki kemiripan dengan saya. Bukan kami yang menyebut mirip, tetapi teman-teman di sekitar kami.

Terkait pengalaman aneh itu, beberapa orang teman juga bercerita, pernah mengalami kejadian yang persis sama seperti yang pernah saya alami. Bahkan ada satu cerita lucu. Suatu kali, karena sangking miripnya teman saya dengan seseorang yang kebetulan temannya sekampus, hingga orang tuanya sulit membedakan mereka berdua.

Mungkin itu adalah kuasa sang Ilahi. Dari sekitar 7 miliar lebih penduduk bumi, ada satu, dua, atau beberapa orang yang mirip dengan kita. Jikalau konon ada 7 orang yang sama dengan kita, saya berharap semoga saja saya akan bertemu dengan ketujuh orang tersebut. Saya telah bertemu tiga orang, tersisa empat orang lagi. Hehehe……..

Nah, bercerita tentang kemiripan wajah tersebut, ada dua orang yang saat ini lagi tenar di kalangan masyarakat yang disebut-sebut mirip oleh para netizen. Sebelumnya saya tidak menyadari kemiripan kedua sosok tersebut. Jangankan menyadari, bahkan terpikir pun saya tidak ada tentang hal itu.

Baru setelah saya share tulisan saya yang berjudul “Dituntut Hukuman Mati, Aman Abdurrahman Segera Bertemu 72 Bidadari” di fanspage Seword, lalu ramai dikomentari oleh para warganet tentang kemiripan keduanya. Katanya Aman Abdurrahman mirip dengan Ratna Sarumpaet.

Ada banyak komentar yang menyatakan kemiripan mereka. Ada yang menyebut, “Mirip kali ya sama si Sarumpaet…” Ada pula yang berkomentar, “Kayaknya kok kakak adek sama madam RS itu ya…” Ada lagi dengan nada sedikit nakal berucap, “RS versi laki2 seram ya, kalo nenek peot kan ngebacot, kalo ini ngebom, seremmmm.”

Membaca komentar-komentar bernada lucu, sinis, dan sedikit nakal tersebut, rasa penasaran saya muncul. “Masa sih, mirip? Aman kan laki-laki, Ratna perempuan,” saya bertanya dalam hati. Karena itu tadi, saya sama sekali tidak pernah terpikir jika Aman si tukang bom itu, dan Ratna Sarumpaet yang oleh warganet disebut banyak bacot itu, mirip.

Lantas saya segera mencari foto-foto Ratna Sarumpaet. Saya mencoba mencari foto-fotonya dengan berbagai ekspresi: ekspresi datar, ekspresi senyum, ekspresi tertawa, dan ekspresi marah. Saya save foto-foto itu di smartphone saya. Kemudian, hal yang sama saya lakukan terhadap Aman Abdurrahman.

Saya mencoba mencocok-cocokkan foto keduanya. Beberapa foto saya coba sandingkan. Betapa saya terkaget-kaget melihat foto kedua sosok yang berbeda gender tersebut. Komentar para netizen yang meyatakan mereka berdua mirip, saya pikir ada benarnya. Jika saya menilai, kemiripan mereka di atas 70 persen.

Mereka seperti kakak-adek. Sekalipun saya tidak bisa menentukan siapa yang cocok menjadi kakak, dan siapa yang pas menjadi adek. Keduanya sama-sama memiliki wajah yang hampir sama tuanya. Keduanya juga memiliki tingkat keseraman wajah yang juga tidak jauh berbeda satu sama lain.

Tatapan matanya sama-sama tajam. Namun, tatapan mata Aman Abdurrahman, yang menyebut Indonesia sebagai bangsa kafir itu, agak sedikit menakutkan. Mungkin karena ketika dia difoto posisinya sedang dalam keadaan tidak baik. Dia sedang diperhadapkan dengan majelis hakim dan Jaksa Penuntut Hukum.

Selain tatapan mata yang mirip, bibir pimpinan ISIS Indonesia itu juga mirip dengan bibir seniman kelahiran Tarutung Sumatera Utara yang pernah menyebar hoax tentang PT. Garuda Indonesia telah dijual oleh Jokowi itu. Selain bibir, hidung keduanya juga nampak hampir tidak ada perbedaan satu sama lain.

Aman Abdurrahman, teroris yang telah menewaskan puluhan orang dengan aksi teror yang dilakukannya, kok bisa mirip ya wajahnya dengan Ratna Sarumpaet, sahabat Anies Baswedan yang kerap menyindir Ahok itu? Satu hal yang pasti mereka tidak saudara sedarah. Hal-hal lainnya di luar itu, saya tidak tahu.

Hermanto Purba

(seword/melekpolitik)

Terkini

  • Berita
  • Featured

Anak Buah @Aniesbaswedan Tak Tahu Felix Siauw Gembong HTI, Netizen: yang dari Kampung Aja Bisa Melihat Dunia

Seorang netizen mengomentari sebuah artikel berjudul "Kepala BKD DKI Tak Tahu Felix Siauw Pernah di HTI: Kita Tahunya Dia Ustaz"…

11 jam lalu
  • Berita
  • Featured

Ahmad Fanani Tersangka Dana Kemah, Apakah Jubir BPN @Dahnilanzar Akan Menyusul?

Seorang netizen membagikan sebuah artikel berjudul "Polisi Tetapkan Eks Bendahara Pemuda Muhammadiyah Tersangka Dana Kemah" yang tayang di situs Detik.com…

12 jam lalu
  • Berita
  • Featured

Bodoh bin Bebal! Abdullah Hehamahua Sebut Aksi di MK Tak Ada Urusan dengan Prabowo

Seorang netizen membagikan artikel berjudul "Abdullah Hehamahua: Aksi di MK Tak Ada Urusan dengan Prabowo, Ini soal NKRI" yang tayang…

13 jam lalu
  • Berita
  • Featured

Makin Jelas @Aniesbaswedan Buka Pintu Balai Kota untuk Ormas Terlarang

Seorang netizen membagikan sebuah artikel berjudul "Dibilang Batal, Begini Suasana Ceramah Felix Siauw di Masjid Pemprov DKI" yang tayang di…

14 jam lalu
  • Berita
  • Featured

GP Ansor ‘Grebek’ Kajian Gembong HTI Felix Siauw di Masjid Balaikota

Seorang netizen membagikan sebuah video anggota Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) yang mendatangi Balai Kota DKI Jakarta untuk membubarkan ceramah Felix…

15 jam lalu
  • Berita
  • Featured

Terbongkar! @YuanaRyanTresna Ustad HTI, ASN di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Viral cuitan dari Rais Syuriah PCNU Australia Nadirsyah Hosen atau dikenal Gus Nadir yang membongkar kedok seorang pengasong khilafah. Lewat akun twitter @na_dirs,…

16 jam lalu